Digitasilasi Sistem Pembelajaran, Jurusan Geografi FMIPA UNM adakan Workshop E-Learning

Makassar – Workshop Program Pembelajaran e-Learning di Jurusan Geografi FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dihadiri dan dibuka oleh Wakil Dekan III FMIPA UNM Drs. H. Sukri Nyompa, S.H., M.Si., Ph.D pada hari Kamis, 30 Januari 2020 di Ruang Seminar Jurusan Geografi di Lantai 2. Gedung FI Kampus UNM Parangtambung.

Turut hadir dalam workshop ini Ketua Jurusan Geografi Uca, S.Si., M.Si., Ph.D. beserta seluruh dosen Jurusan Geografi FMIPA UNM.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan III FMIPA UNM menjelaskan pentingnya E-Learning untuk kemajuan Fakultas MIPA maupun UNM. “Dalam mencapai Target UNM menjadi World Class University, maka kita perlu membenahi seluruh komponen yang ada. Kita di Fakultas MIPA turut ambil bagian, E-Learning salah satunya,” terangnya.

Dr Rusli, M.Pd. (Dosen Matematika FMIPA) hadir sebagai pemateri mendampingi pemateri Nasrul Ihsan, S.Si, M.Si (Sekretaris ICT UNM sebelumnya) dan Anshari Saleh, M.Si (Dosen Prodi Statistika). Dr. Rusli memaparkan, ia menjelaskan tentang banyaknya unsur yang diperlukan salahsatunya adalah unsur pedagogi.

“Ini bukan tentang upload download saja, ini tentang substansi pemberian perkuliahan dengan tatap muka. Dengan tugas (problem solving), dengan up load bahan ajar (teks, gambar, video, dan lain-lain). Tugas latihan per Kegiatan belajar (essay) dan latihan soal (sebaiknya pilihan ganda ). Supaya capaian ketuntasan bisa 80%,” paparnya.

Baca Juga: Tutup Tahun 2019, Guru Besar Jurusan Geografi Bertambah

“Pada pelatihan ini kami akan mendiskusikan dan tanya jawab tentang mengakses e-learning dan membuka file dengan memasukan foto, gambar dan dokumen bahan ajar serta jadwal perkuliahan semester genap ini bisa dirubah tanggal perkuliahan sesuai jadwal yang diberikan.” tambahnya.

E-Learning menjadi acuan Jurusan Geografi dalam mengelola sistem pembelajaran kedepan. “Kami berharap semua tenaga pengajar yang ada di Jurusan Geografi mampu mengaplikasikan e-Learning, sehingga pada semester depan kita sudah memulai proses pembelajaran dengan sistem E-Learning.” ungkap Uca, S.Si., M.Si., Ph.D selaku Ketua Jurusan Geografi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*