Dosen Jurusan Geografi Fmipa Unm, latih ibu-ibu Majelis Taklim An-Nur Maronde memanfaatkan limbah plastik

Takalar, 18-10-2022. Dosen Jurusan Geografi Fmipa Unm, latih ibu-ibu majelis taklim An-nur maronde untuk memanfaatkan limbah plastik menjadi barang yang bermanfaat. Kegiatan ini mengambil tema “PKM pemanfaatan limbah sampah anorganik dari plastik menjadi produk kerajinan tangan tas di majelis taklim masjid An-nur maronde kecamatan polongbangkeng utara kabupaten takalar”

Ketua pelaksana kegiatan Syamsunardi, S.Pd., M.Pd mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meminimalisir penumpukan sampah plastik, seperti yang kita ketahui bersama bahwa samapah plastik memerlukan waktu puluhan tahun untuk terurai. Bersama Dr. Hasriyanti, S.Si., M.Pd dan bapak Ir. H. Muh. Darwis, M.Si, kegiatan ini dilaksanakan di lingkungan maronde kelurahan malewang kecamatan polongbangkeng utara kabupaten takalar dengan sasaran ibu-ibu majelis taklim. Ibu-ibu dipilih karena dianggap sebagai orang yang bersinggungan langsung dengan sampah plastik (bungkus deterjen, minuman gelas plastik, dsb). Diharapkan juga ibu-ibu sebagai majelis taklim terdepan sebagai pengguna hasil produk sampah plastik dan kemudian menjadi inspirasi bagi ibu rumah tangga yang lainnya.

Solusi dariĀ  penumpukan sampah platik rumah tangga adalah dengan melakukan recycle. Olehnya itu diadakan kegiatan pelatihan mengolah sampah platik menjadi barang yang mempunya nilai tambah dan bermanfaat untuk masyarakat umum.

Hasil produk dari sampah platik berupa tas, keranjang mini dapat digunakan langsung oleh ibu-ibu majelis taklim dan dapat dijual sehingga dapat menambah pendapatan rumah tangga.

Dokumentasi bersama ibu-ibu Majelis Taklim An-Nur Maronde:

Leave a Reply